Tips Dan Resep Bakwan Jagung Super Enak

Bakwan jagung merupakan gorengan ekonomis dengan bahan sederhana cocok untuk menemani sore maupun malam hari. Tak perlu beli, Mama dapat membuat sendiri camilan lezat ini di rumah.

Ada beberapa cara agar  membuat resep bakwan jagung terasa lezat,renyah dan tidak lembek, 

Mungkin Mama pernah menggoreng bakwan jagung yang hasilnya lembek dan tidak kriuk .

Bakwan jagung yang lembek biasanya karena waktu goreng sering dibolak-balik sehingga menyerap minyak terlalu banyak. Selain itu, bakwan jagung dengan telur juga dapat lembek jika menyantapnya bukan selagi hangat.

Selain Itu, Untuk membuat resep bakwan jagung renyah dan tidak lembek, tentu Anda tidak boleh asal. Meski terlihat mudah, ternyata beberapa hal sepele membuat hasil bakwan jagung Anda cepat lembek.

Memilih jagung

Jagung yang muda bisa dilihat dari warnanya yang kuning cerah, bukan kuning tua kecokelatan. Tekan juga bagian daging jagung, kalau keras berarti jagung sudah tua.

Gunakan jagung manis untuk membuat bakwan jagung biar lebih nikmat,jika menggunakan jagung yang tidak manis akan terasa keras saat di goreng untuk mengatasinya  jagung seperti ini sebaiknya diblender kasar, diparut atau juga ditumbuk kasar.

Adonan Tepung

Dua bahan kunci yang membuat bakwan jagung renyah adalah tepung terigu dan tepung beras. Jika Anda menggunakan tepung terigu saja, biasanya hasilnya akan mudah lembek.

adonannya cukup menggunakan 2 tepung yaitu tepung terigu dan tepung beras saja dengan perbandingan 3 : 1. Tepung beras akan membuat bakwannya terasa lebih renyah, atau bisa di tambahkan telur, untuk membuatnya lebih sedap tambahkan daun bawang dan seledri. tambahkan juga sedikit penyedap rasa biar makin gurih.

selain itu anda juga bisa menambahkan beberapa toping seperti udang contohnya. caranya Pisahkan beberapa udang untuk topping dan cincang sisanya untuk campuran adonan. Setelah semua bahan tercampur, tambahkan air sedikit demi sedikit agar adonannya pas.

Gunakan variasi Bumbu

Bakwan jagung yang lezat juga ditentukan oleh bumbu halus yang dicampurkan ke dalam adonan.

Selain bawang merah, bawang putih dan ketumbar yang menjadi bumbu wajib, tambahkan pula kunyit dan pala bubuk.Untuk aroma yang lebih menggoda, tambahkan daun ketumbar, daun kemangi dan daun jeruk.

Anda juga bisa menambahkan santan bisa ingin rasa bakwan lebih gurih.

Cara menggoreng

Gunakan minyak goreng yang banyak dan panas lalu Adonan bisa langsung dituang ke dalam minyak atau digoreng di pinggir wajan. Cara kedua lebih disarankan karena akan membuat adonan jadi lebih tipis dan renyah. Goreng bakwan pada api kecil sampai sedang.

Cara membuat Bakwan jagung

Untuk membuat resep bakwan jagung renyah dan garing, gunakan jagung muda dengan perbandingan tepung terigu vs beras = 3 : 1. Selain itu, pastikan komposisi jagungnya lebih banyak dari tepungnya.

Untuk lengkapnya ikuti cara sebagai berikut:

Bahan:

  • 200 gram jagung rebus, pipil
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 2 buah cabai merah keriting, iris serong
  • 5 sendok makan tepung terigu
  • 2 1/2 sendok makan tepung beras
  • 100 ml air
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 500 ml minyak, untuk menggoreng

Bumbu Halus:

  • 1 sendok teh ebi, seduh, sangrai
  • 1 siung bawang putih

Cara Membuat Bakwan Jagung:

  1. Aduk rata bumbu halus, jagung, daun bawang, cabai merah, tepung terigu, dan tepung beras. Tambahkan air. Aduk rata. Masukkan garam, merica, dan gula. Aduk rata.
  2. Panaskan minyak di atas wajan datar. Sendokkan campuran jagung.
  3. Goreng di atas api sedang sampai bakwan berwarna kuning kecokelatan dan matang.

Mudah bukan selamat mencoba!

Next Post

Health

Dr. Jamuna Pai arrange her first cosmetic clinic in 1994 in Mumbai with a workers of simply 6 folks to offer internationally renowned skin and wonder therapies. For severely overweight people that have uncared for to get outcomes from weight loss program and train alone, weight reduction medical process has […]

You May Like